Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Pramuka ?



Apa itu Pramuka ?

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Pertanyaannya sekarang Apa sih Pramuka itu ? Pramuka adalah Kata " PRAMUKA " merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Bekerja. 

Lalu pertanyaan yang sering muncul dan masih banyak yang kurang memahami ini adalah apa bedanya Gerakan Pramuka, Pramuka dan Gerakan Pramuka. Langsung saja kita bahas bersama.  

Gerakan Pramuka  adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain di sebut Anggota Dewasa yaitu Pembina PramukaAndalan PramukaKorps Pelatih PramukaPamong Saka PramukaStaf Kwartirdan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar Lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti, dan Budi Pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah "Kepanduan" (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu:

Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma.

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma.

Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma.

Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.

Gerakan Pramuka atau Praja Muda Karana lahir  berdasarkan Keputusan Presiden No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Keputusan tersebut di tetapkan di Jakarta pada Tanggal 20 Mei 1961 yang di tanda tangani oleh Ir Djuanda.

Lalu pada Tanggal 14 Agustus 1961. Terbit Keputusan Presiden No. 118 Tahun 1961 Tentang Penganugerahan Pandji Kepada Gerakan Pramuka Pendidikan Kepanduan Pradja Muda Karana yang di tanda tangani oleh Ir Soekarno. dan pada saat itu pula ditetapkan hari Pramuka jatuh pada 14 Agustus 1961.


===================================

Jika Ingin Lebih Bermanfaat. Bagikan !!! Agar Pramuka Indonesia semakin Keren, Gembira dan Asyik 
    ======================================================

Posting Komentar untuk "Apa itu Pramuka ?"