SBH JENU HELAT PELATIHAN PPGD UNTUK PRAMUKA PENEGAK DI JENU



TUBAN – Gerakan Pramuka Satuan Karya ( Saka ) Bakti Husada Pangkalan Puskesmas Jenu Kwartir Ranting Jenu menyelenggarakan Pelatihan PPGD ( Pertolongan Pertama Gawat Darurat ). Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin – Selasa tanggal 16-17 Mei 2016 bertempat di Aula Puskesmas Jenu. Peserta kegiatan berjumlah 30 anak yang berasal dari SMA MANBAIL HUDA, MA MANBAIL FUTUH,dan MA AL HIDAYAH.

Kegiatan Pelatihan PPGD resmi di buka oleh Kepala Puskesmas Jenu selaku Pimpinan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Jenu dr Dede Kurniawati, serta turut hadir pula Pamong Saka Bakti Husada kak Suzana dan Instruktur Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Jenu.

Dalam Sambutanya dr Dede mengatakan,” merasa bangga dengan adanya kegiatan ini selain itu yang paling saya apresiasi adalah tentang ketepatan waktu, tidak hanya berhenti disini sikap disiplin juga harus di terapkan dalam kehidupan sehari hari.”

“ Dengan diadaakannya Pelatihan PPGD ini kami berharap besar kepada seluruh peserta ketika peserta pulang dari Pelatihan ini dapat mengembangkan ilmu yang di berikan disini dan bisa di aplikasikan di sekolah masing masing, dan jangan sungkan untuk mengajak dari Saka Bakti Husada untuk ikut berbagi tentang ilmu kesehatan mungkin ingin mengundang SBH di sekolah masing masing,”

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan penangan pertolongan pertama Gawat Darurat, membekali para anggota pramuka di Jenu dengan pengetahuan PPGD, meningkatkan keaktifan para anggota dan pramuka yang ada di Jenu dalam kegiatan membangun masyarakat di bidang kesehatan, Mencetak Kader Kesehatan di setiap sekolah agar ketika ada kasus di sekolah sudah bisa menangani sebelum di bawa ke tempat rujukan.

Adapun Materi yang di sampaikan pada hari pertama  antara lain: APD ( Alat Pelindung Diri ), Evakuasi atau cara pengangkatan korban, A B C (Airway Breathing Circulation ), Pembidain, PP ( Pertolongan Pertama) Pada hari kedua semua materi yang di sampaikan hari pertama dipraktekkan di hari kedua dengan cara kegiatan Berjelajah ke bukit Puncak Wilis. Adapun permainan permainan sebagai penghibur dan cara untuik lebih menciptakan rasa kekeluargaan.

Kak Fifi selaku ketua panitia menuturkan,” kegiatan ini selain untuk memberikan bekal tentang PPGD dan mencetak Kader kesehatan, kegiatan ini juga termasuk ajang untuk bersilaturohim antara pramuka Penegak yang ada di Jenu. Selain itu kami juga berharap sepulang dari kegiatan ini di sekolah masing masing ketika ada kegiatan apapun peserta yang di Latih PPGD sudah bisa menangani ketika ada yang membutuhkan Pertolongan Pertama pada saat ada kegiatan di Gudep masing masing , “

Salah satu peserta kak Mila mengatakan,” Saya jujur ketika awal hari pertama saya malestapi kebelakang tambah semangat soalnya  materi semakin menarik dan menantang, banyak pengalaman, yang belum tahu menjadi tahu dan banyak lagi dan harapan saya kegiatan ini bisa berulang kembali dan kalau bisa di agendakan setiap tahunnya,” ( Fasta )


No comments:

Powered by Blogger.